Menguasai Leadership Agility

Image courtesy of imagerymajestic/FreeDigitalPhotos.net

Do you have leadership? Saat pertanyaan ini diajukan di salah satu forum yang berisi para Direktur SDM, tidak banyak yang mengangkat tangannya.

Lebih banyak orang yang merasa ragu, apakah di dalam dirinya terdapat kepemimpinan atau tidak. Ada juga yang mengevaluasi dirinya sendiri dan berkata, “saya tidak memiliki jabatan apapun di kantor.”

Padahal, pemimpin dan kepemimpinan adalah sesuatu yang berbeda. Pemimpin, itu hanyalah sebuah titel. Sedangkan kepemimpinan, terdapat pada diri tiap individu.

Dr.Paul Aitken adalah Founder Mastering Leadership Agility, yang berkunjung ke Jakarta di awal bulan Oktober ini. Psikolog ini menyatakan, apabila kita merasa belum memiliki kepemimpinan, bisa jadi sebenarnya kita belum memahami definisi kepemimpinan yang kita miliki.

Kepemimpinan yang dimaksud dalam konsep Leadership Agility adalah, kemampuan untuk memahami apa yang mendorong diri sendiri bergerak untuk melakukan sesuatu, dan untuk memahami apa yang mendorong orang lain untuk melakukan sesuatu.

Terdapat nilai-nilai yang melatarbelakangi orang untuk berbuat, yang kemudian menjadi ciri kepemimpinannya. Kegagalan dalam memimpin, kerap kali terjadi karena kita tidak dapat memahami apa nilai yang sebenarnya dimiliki oleh orang di sekitar kita. Alih-alih, kita malah memaksakan kehendak dan nilai-nilai kita kepada orang lain.

Di era saat ini dimana perubahan terjadi dengan sangat cepat, kita membutuhkan pemahaman yang baik tentang kepemimpinan, agar selalu siap dalam menghadapi era disrupsi.

hesti 2013

Hesti Farida Al Bastari, Sarjana Psikologi dari Universitas Padjadjaran, melanjutkan pendidikannya di Magister Sains Psikologi Sosial Universitas Indonesia. Ia adalah associate Konsultan SDM di Jakarta. Pada tahun 2013, bersama rekan komunitas, mengembangkan blog psikologi Psychologythoughts.com.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments