Resensi Buku: Happy Career

happy-career-download-online

Happy Career (courtesy of Gramedia)

Judul Buku: Happy Career: Cara Mengejar Keberhasilan Karier dengan Lebih Dahulu Mengejar Kebahagiaan
Penulis: Elvi Fianita, Psikolog
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Buku: Cetakan I
Tahun: 2016
Tebal: 118 halaman

Resensi

Semua orang ingin mencapai kondisi bahagia. Kita begitu terpikat dengan konsep kebahagiaan, dan tidak hanya ingin menikmatinya pada suatu saat, namun terus mendambakannya, lagi dan lagi. Namun bagaimana realitanya ?

Di Amerika Serikat, kasus bunuh diri hampir melebihi angka pembunuhan, demikian juga dengan di Cina dan negara lainnya. WHO sendiri memprediksikan bahwa pada tahun 2020, depresi akan menjadi penyebab kedua munculnya penyakit, di seluruh dunia. Isu ini bukannya tidak menjadi perhatian para ahli di seluruh dunia. Jika kita melihat Amazon saja, terdapat setidaknya 2.000 judul dan 14.000 pemikiran tentang kebahagiaan, yang berusaha untuk menjawab fenomena ini. Positive Psychology pun berkembang dengan cepat, sebagai cabang ilmu yang dianggap memiliki dasar ilmiah dalam membantu manusia untuk optimal lewat pengembangan emosi-emosi positif.

Bagaimana dengan situasi di Indonesia sendiri?
Jika menilik populasi tertentu, karyawan misalnya, kita bisa melihat hasil riset Jobs DB bahwa sebanyak 73% pekerja tidak bahagia. Sebagian menganggapnya sebagai kondisi yang wajar dan sebagian lagi berusaha mengatasinya meskipun tidak tahu apa yang harus dilakukan. Padahal, hasil penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan adalah kondisi utama yang harus ada terlebih dahulu sebelum kita bisa sukses. Sangat disayangkan,  belum banyak para ahli di Indonesia memberikan sumbangsih guna menangani situasi ini, terutama dalam memanfaatkan hasil riset dari ilmu Positive Psychology.

Terkait hal di atas, dengan tujuan meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Indonesia lewat populasi pekerja,  maka lahirlah buku ini. Tulisan ini berusaha mengaplikasikan prinsip Positive Psychology, dengan konsepnya yang sederhana namun mengejutkan dari sisi dampaknya. Diulas dengan bahasa yang mudah dimengerti, pembaca diajak untuk mendapatkan pencerahan mengenai hal-hal yang sebenarnya bisa membuat pekerja bahagia dan sukses berkarier. Seperti misalnya bagaimana membuat diri kita lebih peka dengan peluang. Ternyata kemampuan ini bisa diasah hanya dengan cara bersyukur dengan teknik tertentu. Atau ada beberapa hal yang kita pikir kita sudah tahu, ternyata memiliki dampak besar yang kita tidak sangka, yang diulas dengan gaya yang ringan pula.

Buku ini akan menginspirasi Anda, bahwa seburuk apapun situasi kerja, Anda akan selalu memiliki pilihan yang lebih baik, bahwa Anda selalu dapat melakukan sesuatu. Bahkan pada situasi dimana Anda tidak mungkin merubahnya sekalipun, Anda tetap memiliki pilihan untuk mengubah cara berfikir Anda, sebagai hal yang sebenarnya paling mudah untuk Anda kendalikan. Akan diulas bagaimana Anda memprogram ulang persepsi Anda dalam melihat sesuatu dengan bingkai yang lebih positif, yang tidak saja membuat Anda merasa lebih nyaman namun juga perlahan membuat situasi membaik walaupun mungkin realitanya tetap sama.

Happy Career tidak hanya bicara soal teori saja. Sungguh sangat memotivasi membaca riwayat para tokoh yang kita kenal, yang sudah mengaplikasikan prinsip-prinsip yang ada di buku ini. Sejalan dengan prinsip Positive Psychology, mereka adalah orang-orang yang justru tidak mengejar kesuksesan semata, melainkan lebih dulu mengejar kebahagiaan. Dengan cara seperti ini, kesuksesan yang diraih lebih terasa bermakna dan menjadikan potensi mereka optimal, sebagai individu yang tumbuh menjadi jauh lebih baik secara personal dan spiritual.

Yang lebih menarik, prinsip dalam buku ini didasarkan oleh hasil riset yang telah terbukti kebenarannya, sehingga memiliki  peluang membawa perubahan karier yang besar, jika Anda mempraktekkannya.

Resensi buku oleh:

elvi-300

Elvi Fianita, Psikolog, adalah trainer, coach, therapist, dan penulis yang menggunakan pendekatan Positive Psychology, dengan mengupayakan terbentuknya emosi positif terlebih dahulu, guna membantu kliennya agar dapat lebih kreatif, produktif dan memiliki hidup yang penuh makna serta lebih bermanfaat

(Visited 58 times, 1 visits today)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments