Lima Film Terbaik Bertema Psikologi

Bagi Anda yang hendak mengetahui perihal penerapan ilmu psikologi, tidak ada cara yang lebih menyenangkan selain dengan menonton film bertema psikologi. Berikut adalah lima film terbaik bertema psikologi menurut Psychologythoughts.com:

220px-the_silence_of_the_lambs_poster

Silence of The Lambs/ Image courtesy of Orion Pictures

1. The Silence of The Lambs (1991)
The Silence of The Lambs adalah film yang mengisahkan  karakter yang bernama Dr. Hannibal Lecter, seorang psikiater handal dan pembunuh berseri yang kanibal. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Thomas Harris. Film ini kemudian dibuat triloginya, yaitu Red Dragon (2002) dan Hannibal Rising (2007).

2. A Beautiful Mind (2001)

Film ini menceritakan kisah matematikawan bernama John Nash yang mengidap schizophrenia akut. Ia adalah seorang yang penyendiri dan memiliki seorang teman yang ternyata adalah teman khayalan. Situasinya semakin parah setelah ia mendapatkan misi dari Pentagon untuk memecahkan kode rahasia milik Rusia, yang kemudian mengungkap mengenai kondisinya yang sebenarnya.

3. Girl, Interrupted (1999)
Film ini diadaptasi dari Memoar Susanna Kaysen yang ditulis pada tahun 1993. Berkisah tentang cerita Kaysen selama 18 bulan berada di dalam rumah sakit jiwa. Susanna Kaysen mengalami nervous breakdown dan meminum obat sampai overdosis. Ia menyangkal bahwa telah melakukan percobaan bunuh diri, namun memang mengalami depresi dan kehilangan motivasi. Film ini cukup menggambarkan bagaimana kehidupan di rumah sakit jiwa dan kisah para pasien yang ada di dalamnya.

4. Anger Management (2003)
Film ini adalah film komedi yang menceritakan tentang orang yang mengikuti program mengelola amarah. Karena sebuah kejadian di pesawat, Dave Buznik seorang pebisnis harus mengikuti terapi mengelola amarah yang dilakukan oleh Dr. Buddy Riddell.

5. The Aviator (2004)
The Aviator diangkat dari kisah nyata Howard Hughes, salah satu orang terkaya di dunia yang juga berhasil membangun pesawat Hercules. Hughes suka menyendiri dan memiliki Obsessive Compulsive Disordes. Film ini juga diadaptasi dari buku non-fiksi Howard-Hughes: The Secret Life (1993) karya Charles Higham.

Apakah Anda punya rekomendasi film bertema psikologi lainnya? Silakan menuliskannya di kolom komentar.

hesti 2013

Hesti Farida Al Bastari, adalah Sarjana Psikologi dari Universitas Padjadjaran, bekerja part time sebagai associate untuk Konsultan HR di Jakarta. Dengan rekan-rekannya sesama alumni, tahun 2013 ia mengembangkan blog psikologi Psychologythoughts.com.

(Visited 1,619 times, 1 visits today)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments