Rahasia Kebahagiaan

bromo

Image courtesy of suwatpo/Freedigitalphotos.net
Dalam hidup ini mungkin Anda merasa setiap harinya waktu berjalan begitu saja. Anda berangkat bekerja, menjalani hari-hari, berharap hari itu cepat berakhir agar segera pulang ke rumah, lalu kemudian menjalani akhir pekan. Kemudian melihat kapan kalender menunjukkan tanggal merah, dan mulai merencanakan liburan. Liburan itu Anda jalani, bersama teman atau keluarga, namun setiap kali liburan usai, Anda menyadari: tetap tidak merasa bahagia.

Salah satu alasan orang merasa tidak bahagia adalah karena mereka menjalani kehidupan yang sebenarnya tidak mereka inginkan. Mereka menjalani kehidupan yang diinginkan oleh orang lain di sekitar mereka. Harapan orang, keinginan orang, sehingga pada akhirnya mereka tidak menemukan apa yang sebenarnya mereka mau. Biasanya orang terlambat menyadari bahwa mereka tengah menjalani hidup yang tidak mereka inginkan.

Anda tentu tak mau kan menjalani hidup sedemikian tanpa menyadarinya? Maka sedari sekarang cobalah bayangkan apa yang sangat ingin Anda lakukan jika Anda diberikan waktu kehidupan yang sangat singkat. Apa yang ingin Anda lakukan? Keinginan terdalam Anda, adalah sesuatu yang benar-benar membuat Anda bahagia jika Anda melakukannya, itulah yang keinginan Anda.

Cobalah untuk membuat daftar keinginan hal-hal yang ingin Anda lakukan sebelum Anda meninggalkan dunia ini. Daftar keinginan itu, dikenal juga dengan Bucket List. Anda bisa membuat sepuluh keinginan, bahkan lebih, dari hal-hal yang paling ingin Anda kerjakan. Pastikan daftar itu berisi poin-poin yang cukup jelas, ringkas, dan mudah dipahami.

Tetapkanlah waktu yaitu target kapan Anda akan mencapai keinginan Anda itu. Apakah setahun dari sekarang? Sepuluh tahun? Seberapa banyak melibatkan orang lainkah keinginan Anda itu? Berada dalam aspek kehidupan Anda yang manakah kehidupan Anda itu? Bisa saja keinginan Anda itu adalah bertualang, melakukan pekerjaan tertentu, membuat suatu karya, namun sampaikan keinginan Anda itu secara jelas dan nyata.

Sampaikanlah Bucket List Anda kepada orang di sekitar Anda, agar mereka mengetahui dan dapat mengingatkan saat Anda sudah mendekati tujuan Anda, atau bahkan mulai melenceng dari target. Membuat daftar keinginan dapat membuat Anda fokus untuk melakukan hal yang memang benar-benar ingin Anda lakukan, dan menyingkirkan hal lain yang tidak relevan.

Bergabunglah dengan komunitas orang-orang yang kira-kira dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda. Berikan apresiasi dalam bentuk penghargaan kepada diri Anda sendiri, setiap kali Anda telah memenuhi satu poin tujuan Anda.

Sumber yang bisa diakses terkait hal ini:

https://www.bucketlist.org/

What Makes You Happy? – Motivational Video https://www.youtube.com/watch?v=mHryICoeDKw

hesti 2013

Hesti Farida Al Bastari, adalah Sarjana Psikologi dari Universitas Padjadjaran, bekerja part time sebagai associate untuk Konsultan HR di Jakarta. Dengan rekan-rekannya sesama alumni, tahun 2013 ia mengembangkan blog psikologi Psychologythoughts.com.

(Visited 50 times, 1 visits today)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments