Resensi Buku: Bukan Emak Biasa

buku bukan emak biasa

Image courtesy of Bukan Emak Biasa/Kaba Media Internusa

Judul Buku: Bukan Emak Biasa: Refleksi Psikologis Pengasuhan Anak
Penulis: Fitri Ariyanti Abidin
Penerbit: PT. Kaba Media Internusa
Cetakan Buku: Cetakan I
Tahun: 2015
Tebal: 290 halaman

Resensi

Buku ini mengulas tentang penghayatan seorang Ibu yang juga seorang Psikolog Anak dalam membesarkan keempat anaknya. Dalam buku ini, Fitri Ariyanti berbagi dengan bahasa yang sangat mudah dicerna dilengkapi sisi keilmuan yang dimilikinya sebagai akademisi dan psikolog. Buku ini awalnya adalah kumpulan dari tulisan Fitri Ariyanti di blognya www.fitriariyanti.com.

Artikel-artikel ringan di buku ini dibagi ke dalam enam bagian, bagian pertama adalah bagaimana agar ibu bekerja (working mom) maupun ibu yang tinggal di rumah (stay at home mom) dapat bersyukur dan menikmati perannya sebagai ibu. Bagian kedua terkait bagaimana mencintai anak kita tanpa syarat, misalnya bukan hanya jika dia mendapat peringkat teratas, baru ia dicintai.

Bagian lain dari buku ini yaitu dasar-dasar pengasuhan anak, juga dinamika perkembangan anak, yang berbeda-beda untuk setiap anak, serta bagaimana menghadapi persoalan anak di masa kini yang umumnya terekspos oleh gadget atau bahaya pornografi. Dan terakhir adalah bagian yang mengingatkan ibu bahwa ada rekan dalam pengasuhan anak yang terutama adalah ayahnya, dan juga guru di sekolah.

Buku ini berisi pengalaman pribadi dari penulis sehingga isinya terasa sangat dekat dengan keseharian kita. Apa yang dialami oleh Fitri, juga dialami oleh saya, teman saya, bahkan mungkin oleh banyak orang tua lainnya di negeri ini. Kegalauan maupun kegemasan saat menghadapi anak-anak, dan orang tua harus tetap menjaga agar dirinya tetap memprioritaskan kesejahteraan anaknya dalam setiap tahap pengasuhan.

Kelemahan dari buku ini adalah masih ada sebagian istilah yang mungkin hanya dipahami dalam kajian keilmuan psikologi, yang mungkin membuat orang lain perlu membuka kamus ensiklopedia kembali saat membaca bukunya. Dan setiap orang mungkin memiliki pemahaman yang berbeda terkait istilah-istilah tersebut, yang dapat menimbulkan perbedaan pemaknaan. Dengan tidak bermaksud menjadikan buku ini terlalu ilmiah, mungkin di cetakan berikutnya dapat ditambahkan kamus istilah yang ditujukan untuk masyarakat umum.

Biografi singkat penulis buku ini:

fitri ariyanti

Fitri Ariyanti Abidin. Dosen Fakultas Psikologi UNPAD. Menempuh pendidikan S1, Profesi Psikolog dan Magister Psikologi Majoring Klinis Anak di Fakultas Psikologi UNPAD. Psikolog di Biro Pelayanan dan Inovasi Psikologi Fakultas Psikologi UNPAD. Salah satu penulis buku “Diary Tumbuh Kembang Anak” (DAR!Mizan, 2006). Ibu dari 4 anak, aktif menulis di blog fitriariyanti.wordpress.com.

Resensi Buku oleh:

hesti 2013

Hesti Farida Al Bastari, adalah Sarjana Psikologi dari Universitas Padjadjaran, bekerja part time sebagai associate untuk Konsultan HR di Jakarta. Dengan rekan-rekannya sesama alumni, tahun 2013 ia mengembangkan blog psikologi Psychologythoughts.com.

(Visited 268 times, 1 visits today)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments