Albert Bandura dan Penghargaan National Medal of Science

Bandura_WEB

Albert Bandura (Image courtesy of APS/www.psychologicalscience.org)

Pada tanggal 22 Desember 2015 lalu, Profesor Emeritus di bidang Psikologi dari Stanford University Albert Bandura mendapatkan penghargaan National Medal of Science dari Gedung Putih Amerika Serikat. Saat mendengarkan bahwa ia menerima penghargaan itu, Bandura menganggap bahwa itu adalah candaan temannya. Mengapa tidak, tak banyak atau bahkan bisa disebut jarang sekali penghargaan diberikan kepada ilmuwan psikologi atas jasa mereka dalam mengembangkan keilmuannya di dunia.

Ilmuwan dan ilmu masih identik dengan penemuan dari sudut pandang ilmu sains matematika dan ilmu pengetahuan alam, dan ilmu psikologi berada di antaranya. Antara ilmu sosial dan ilmu sains.

Albert Bandura sangat populer di dunia psikologi karena jasanya mengembangkan teori belajar sosial. Satu buah buku Bandura berjudul Social Learning Theory menjadi bacaan wajib saat kami kuliah. Bandura mengungkapkan bahwa dalam proses belajar, individu tidak selalu harus melalui proses mendapatkan hadiah dan hukuman.

Di tengah-tengah populernya teori belajar klasik yang dikembangkan Skinner pada masa itu, dimana untuk belajar seseorang melakukan pengkondisian dengan hadiah atau dengan hukuman, Bandura menggunakan sebuah boneka bernama Bobo. Boneka tersebut digunakan untuk menunjukkan bahwa anak dapat belajar dari melihat apa yang dilakukan orang lain terhadap boneka tersebut.

Teori ini kemudian dikembangkan bahwa seseorang juga dapat belajar dari pengamatan mereka atas pengalaman orang lain, dan menjadi dasar bahwa orang dapat belajar dari apa yang mereka lihat, misalnya dari media audio visual seperti televisi.

Seseorang tidak perlu mengalami merasakan sakit luka bakar untuk mengetahui bahwa api lilin itu panas. Ia bisa melihat orang lain yang menyatakan “ouch”, maka akan lebih berhati-hati untuk menyentuh api lilin.

Bandura juga mengungkapkan bahwa self efficacy–keyakinan seseorang akan kemampuan dirinya–mempengaruhi tugas yang dipilih oleh seseorang, seberapa besar usaha mereka dan bagaimana perasaan seseorang saat melakukan pekerjaan itu.

Penghargaan terhadap Bandura ini menunjukkan pengakuan pemerintah Amerika Serikat akan kontribusi psikologi terhadap berkembangnya ilmu. Sebuah kemajuan yang semoga juga dapat diikuti oleh pemerintah Indonesia.

Sumber:
Albert Bandura to Receive National Medal of Science, diakses dari situs Association of Psychological Science http://www.psychologicalscience.org/index.php/publications/observer/obsonline/albert-bandura-to-receive-national-medal-of-science.html
Bandura’s Bobo Doll Experiment, copyright by Albert Bandura, Stanford University, diakses di youtube https://www.youtube.com/watch?v=dmBqwWlJg8U
Lovell, Donna, 22 Desember 2015, Stanford scientists Albert Bandura and Stanley Falkow to receive the National Medal of Science, diakses dari situs Stanford News, Stanford University http://news.stanford.edu/news/2015/december/national-medal-science-122215.html

hesti 2013

Hesti Farida Al Bastari, adalah Sarjana Psikologi dari Universitas Padjadjaran, bekerja part time sebagai associate untuk Konsultan HR di Jakarta. Dengan rekan-rekannya sesama alumni, tahun 2013 ia mengembangkan blog psikologi Psychologythoughts.com.

(Visited 103 times, 1 visits today)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments