Tips Bekerja Efisien

 

woman laptop

Image courtesy of Gualberto107/Freedigitalphotos.net

Beberapa tips jika Anda hendak mengerjakan pekerjaan dengan lebih efisien:

1. Buatlah checklist hal-hal yang akan Anda lakukan di esok hari.

2. Buatlah skala prioritas hal yang paling utama akan Anda lakukan di satu hari itu. Buanglah hal yang tidak penting atau alokasikan di waktu yang lain.

3. Lakukanlah pekerjaan yang benar-benar menuntut konsentrasi Anda di pagi hari.

4. Tetapkanlah waktu pengerjaan untuk setiap satu unit pekerjaan. Biasanya batas waktu konsentrasi orang untuk mengerjakan satu hal terbatas antara 15-20 menit. Matikan dan singkirkan semua hal yang bisa mengganggu konsentrasi Anda di rentang waktu tersebut (misalnya telepon genggam, televisi, atau sekedar berselancar di internet).
5. Beristirahatlah dengan melakukan gerakan olahraga ringan atau sekedar berjalan kaki sekitar 5-10 menit, setelah Anda berkonsentrasi penuh. Waktu istirahat ini akan memancing munculnya ide-ide kreatif Anda.

6. Tandai hal-hal yang sudah berhasil Anda lakukan di hari itu.

7. Berikanlah penghargaan kecil kepada diri Anda, jika Anda berhasil mengerjakan tugas Anda.

8. Hal yang perlu diingat adalah mengerjakan tugas dengan efisien akan lebih dihargai dibanding Anda selalu bekerja lembur, yang bisa berarti Anda belum dapat mengelola waktu Anda dengan baik. Bekerja lembur juga berarti menghabiskan energi dan menambah biaya operasional untuk kantor Anda.

Demikian tips hari ini, semoga pekerjaan Anda semakin menyenangkan di esok hari!

hesti 2013

Hesti Farida Al Bastari, adalah Sarjana Psikologi dari Universitas Padjadjaran, bekerja part time sebagai associate untuk Konsultan HR di Jakarta. Dengan rekan-rekannya sesama alumni, tahun 2013 ia mengembangkan blog psikologi Psychologythoughts.com.

(Visited 24 times, 1 visits today)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments