Meningkatkan Kinerja Pegawai

business strategies

Image courtesy of jscreationzs/Freedigitalphotos.net

Akhir tahun adalah waktunya perusahaan mengukur kinerjanya, apakah  telah mencapai target yang ditetapkan. Seraya melihat apakah perusahaan telah mencapai target, maka manajemen pun melihat apakah ketercapaian target ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai yang ada telah cukup efektif, atau perlu ditingkatkan di masa yang akan datang.

Pada saat kinerja perusahaan tahun ini menurun, bisa jadi disebabkan banyak faktor. Faktor ini bisa berasal dari dalam perusahaan, baik itu dari faktor individu, sistem yang dijalankan organisasi, atau faktor eksternal misalnya kondisi perekonomian. Menurunnya kinerja perusahaan tentu saja tidak bisa dilihat semata karena rendahnya kinerja pegawai. Namun untuk mengantisipasi faktor di luar sana yang tidak bisa dikontrol, adalah tindakan yang sangat tepat bagi manajemen untuk mengukur kinerja pegawai, sehingga pegawai dapat bekerja bersama dengan perusahaan untuk mencapai targetnya.

Salah satu penyebab menurunnya kinerja pegawai yang mungkin perlu diperhatikan akhir-akhir ini adalah menurunnya fokus pegawai. Pada saat berada di kantor, pegawai tidak sepenuhnya memikirkan pekerjaannya apalagi memikirkan bagaimana mencapai target yang ditetapkan. Fokus pegawai menjadi terbagi di antara masalah pribadinya dan masalah pekerjaannya. Dalam kondisi demikian, tentu saja akan sulit mengajak pegawai untuk menampilkan performa yang optimal.

Apa yang menyebabkan pegawai kurang fokus? Pertama, bisa jadi target yang seharusnya dicapai dianggap tidak relevan bagi pegawai tersebut. Bisa jadi target yang ditetapkan untuk pegawai tersebut dirasa sulit untuk dijangkau. Bisa jadi pula pegawai tidak mengetahui untuk apa sebenarnya ia bekerja di perusahaan. Dalam kondisi seperti ini manajemen harus memastikan bahwa target yang diberikan oleh perusahaan untuk masing-masing pegawai telah dikomunikasikan dan disosialisasikan dengan baik. Setiap pegawai diharapkan turut terlibat dalam penyusunan target mereka, agar mereka mengetahui seberapa mampu mereka mencapai target tersebut. Bisa jadi target yang ditetapkan terlalu mudah untuk mereka capai, atau terlalu sulit untuk dijangkau.

Yang kedua, pegawai menjadi tidak fokus karena sistem penghargaan dan hukuman di perusahaan yang dianggap tidak jelas. Maka pastikanlah sistem penghargaan dan hukuman bagi pegawai berjalan dengan baik dan terbuka. Beberapa perusahaan hanya menekankan pada penghargaan sehingga mereka melupakan pemberian hukuman bagi pegawai yang melalaikan tugasnya. Atau terlalu fokus pada pemberian hukuman, sehingga pegawai yang berkinerja baik tidak merasa diapresiasi. Dengan menetapkan sistem penghargaan dan hukuman yang jelas, maka pegawai mendapatkan perasaan aman akan posisi mereka di perusahaan.

Yang ketiga, manajemen waktu yang kurang efisien, pegawai mungkin banyak bekerja lembur namun pekerjaan yang mereka lakukan tidaklah menunjukkan hasil yang diharapkan. Perkenalkanlah sistem manajemen waktu yang baik bagi setiap pegawai agar mereka dapat dengan fokus menjalankan pekerjaannya. Agar optimal, penggunaan gadget pada saat bekerja sebaiknya dibatasi karena mengganggu konsentrasi mereka yang membutuhkan fokus yang kuat saat bekerja. Janganlah menjawab e-mail di awal hari, melainkan kerjakan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi di awal hari. Tetapkanlah batas waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan agar pegawai tidak berlama-lama mengerjakan suatu pekerjaan yang sebenarnya tidak mampu ia kerjakan di saat itu.

Yang keempat, pegawai senantiasa dalam keadaan stres dan di bawah tekanan. Berikanlah waktu beristirahat dengan kondisi yang rileks bagi pegawai. Suasana tempat kerja dapat dirancang agar pegawai memiliki mobilitas yang tinggi dan memancing inspirasi, mendorong tumbuhnya kreativitas serta inovasi. Di dalam kondisi rileks, akan muncul ide-ide baru yang dapat memberikan masukan bagi pengembangan perusahaan di masa depan. Saat ide-ide itu datang, jangan lupa untuk mencatat dan mendokumentasikannya sehingga tidak menguap begitu saja.

Masih ada banyak hal yang dapat membantu meningkatkan kinerja pegawai sehingga mereka dapat memberi kontribusi lebih bagi perusahaan. Apakah ada hal lain yang mungkin juga Anda pikirkan?

hesti 2013

Hesti Farida Al Bastari, adalah Sarjana Psikologi dari Universitas Padjadjaran, bekerja part time sebagai associate untuk Konsultan HR di Jakarta. Dengan rekan-rekannya sesama alumni, tahun 2013 ia mengembangkan blog psikologi Psychologythoughts.com.

(Visited 126 times, 1 visits today)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments