Peluncuran Buku Himpsi, Revolusi Mental: Makna dan Realisasi

 

buku revolusi mental

Buku Revolusi Mental: Makna dan Realisasi dari Himpsi (dok.istimewa)

Buku Psikologi Populer saat ini banyak ditemukan di toko buku terkemuka, dengan beragam topik dan bahasan. Namun, dimana lagi Anda bisa mendapatkan sebuah buku yang isinya tulisan 33 orang Psikolog dan Praktisi Psikologi Indonesia terkemuka?

Mungkin Anda akan tertarik membaca buku baru ini. Pada tanggal 4 Juni 2015 lalu, di Auditorium S2 Universitas Paramadina, Energy Building SCBD, Jakarta, Himpunan Psikologi Indonesia meluncurkan buku yang merupakan sumbangan pemikiran Psikologi untuk bangsa, berjudul Revolusi Mental: Makna dan Realisasi. Acara ini dihadiri oleh para tokoh dan akademisi Psikologi, pimpinan lembaga dan undangan, serta ilmuwan dan praktisi ilmu Psikologi.

Acara inti dibagi ke dalam dua sesi, yaitu Paparan Buku dan Diskusi Buku. Paparan Buku dimoderatori oleh Dr. Nani Nurrachman, Psi dengan dua orang narasumber, Prof. Dr. Hana Panggabean, Psi, dari Unika Atmajaya selaku Tim Editor dan Dr. Ichsan Malik, yang mewakili para penulis.

Hana bersama dua penulis lainnya menuliskan isu gender dalam buku ini, dan beliau memandang isu gender sebagai agent of diversity, membawa keragaman dalam kehidupan. Perempuan di dalam Psikologi, merupakan fenomena yang menarik. Hana mengingatkan bahwa di saat isu gender dikembangkan oleh kaum feminis yang berada di garis depan, para Psikolog lah yang seharusnya berada di belakang dengan mengkaji isu-isu terkait gender ke dalam kerangka berpikir yang ilmiah. Dr. Ichsan Malik adalah akademisi yang memfokuskan dirinya dalam kajian Psikologi Perdamaian. Menurut beliau, saat ini diperlukan perubahan cara pandang terhadap penyelesaian konflik.

Diskusi buku yang menjadi mata acara selanjutnya menghadirkan tokoh-tokoh yang di antaranya sudah banyak kita kenal. Dra. Okky Asokawati, M.Si, Psi yang saat ini menjadi anggota DPR RI adalah alumni Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, lalu ada pula Prof.Dr.Sarlito Wirawan Sarwono, Guru Besar Psikologi dan salah satu pendiri Himpsi, Budi Shambazy, wartawan senior Kompas, dan Abdul Malik Gismar, PhD, Associate Director Universitas Paramadina.

Okky Asokawati mengingatkan bahwa sebagai langkah awal, Himpsi dapat lebih berperan dalam proses pengkajian undang-undang yang melibatkan ilmu psikologi di dalamnya. Semoga dengan buku ini, Psikologi dapat lebih menyumbangkan perannya bagi proses perubahan menuju Indonesia yang lebih baik.

Pemesanan buku bisa dialamatkan ke sekretariat.pp@himpsi.or.id.

 

(Visited 242 times, 1 visits today)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments