Tidak Enaknya Menjadi Pengusaha

16 February 2015

confused man

Image courtesy of David Castillo Dominici/Freedigitalphotos.net

Kata siapa menjadi Pengusaha itu enak? Berikut adalah beberapa catatan saya tentang hal-hal yang tidak mengenakkan ketika saya memutuskan diri untuk menjadi Pengusaha.

  1. Tidak memiliki jadwal yang tetap setiap harinya, hal ini dikarenakan semua kegiatan harus disusun terlebih dahulu sebelum dilaksanakan. Kalau tidak sempat menyusun agenda, itu artinya saya akan tetap berada di rumah setelah antar – jemput anak sekolah.
  2. Tidak memiliki jumlah pendapatan yang tetap setiap bulannya. Semua pendapatan harus disusun rencana aksinya secara detail, baru dapat terlihat hasilnya di akhir bulan. Ini yang mungkin sering dibilang penghasilan Pengusaha itu tidak menentu. Kadang sama sekali tidak ada penghasilan, kadang mendapat penghasilan yang besar sekali, katanya… Alhamdulillah saya dapat membuat penghasilan saya membesar dari waktu ke waktu.
  3. Statistik mengatakan lebih banyak orang yang bekerja menjadi karyawan atau pegawai, dibandingkan dengan orang yang menjadi Pengusaha. Akibatnya saya kadang merasa kesepian, karena teman-teman saya sedang sibuk bekerja di kantornya masing-masing. Jadilah saya suka membuat janji bertemu sama orang / kenalan baru.
  4. Sering mendapatkan pertanyaan, “Hari ini libur ya Pak?” Seperti yang saya tulis di No.1, kalau saya lupa menyusun jadwal, maka bisa dipastikan saya akan disebut sedang berlibur oleh orang lain.
  5. Pekerjaan tukang ojek atau supir harus saya rebut, karena saya bisa mengantar dan menjemput anak dari sekolahnya.

Sementara saya baru kepikiran akan lima hal ini, kalau pembaca ada yang mau menambahkan, silakan tambahkan di kolom komentar ya!!!

Salam!

DSC06858_a

Wijanarko Dwi Utomo, Wirausahawan yang memiliki hobi menulis ini adalah alumni Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Artikel-artikel lain yang ditulisnya dapat diakses di http://www.kompasiana.com/masjawski

(Visited 149 times, 1 visits today)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments