Tips Menjaga Semangat Kerja

Bagi orang yang bekerja, sesungguhnya lama-kelamaan aktivitas kerja yang dilakukannya dapat berubah menjadi rutinitas, sesuatu rangkaian aktivitas yang sudah terpola. Ketika pola ini terbentuk, bisa jadi dapat menimbulkan perasaan bosan bagi yang melakukannya. Hal ini dapat menurunkan semangat di tempat kerja. Berikut adalah tips menjaga semangat kerja dari saya.

1. Datang tepat waktu
Datang tepat waktu, 10 – 15 menit sebelum jam kerja dimulai, membantu saya untuk bisa menyusun prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan hari itu. Datang terlambat sudah pasti akan menimbulkan perasaan tidak nyaman ketika tiba di kantor.

2. Setel musik atau radio
Di tempat kerja saya kebetulan sangat memungkinkan untuk bekerja sambil mendengarkan musik atau radio. Kehadiran musik atau siaran radio kesukaan, akan membantu menjaga mood kerja sehari penuh.

3. Jangan tunda pekerjaan
Bila ada pekerjaan yang harus diselesaikan, jangan pernah menunda-nunda. Sebisa mungkin kita upayakan agar pekerjaan tersebut selesai sebelum jam kerja berakhir.

4. Terbuka dan komunikatif
Pekerjaan kita tak jarang akan melibatkan rekan-rekan kerja yang lain. Untuk meminimalisir kesalahpahaman, sangat diperlukan keterbukaan dan kemampuan komunikasi yang baik agar dapat tercapai pemahaman yang sama terhadap sebuah objek pekerjaan. Adalah lebih baik kita saling adu argumen dengan rekan kerja, namun kemudian ditutup dengan sebuah kesepakatan bersama, ketimbang masing-masing sibuk dengan pendapatnya sendiri dan tidak menemukan kesepakatan sama sekali.

5. Ibadah tepat waktu
Sebagai orang muslim, saya berusaha untuk melakukan ibadah shalat tepat waktunya. Selain lebih baik, hal ini juga membantu menjaga mood kerja kita. Dengan menjalankan ibadah shalat tepat waktu, dapat meredusir ketegangan yang timbul akibat pekerjaan sebelumnya. Selesai shalat biasanya jiwa dan pikiran menjadi segar dan jernih kembali.

6. Pulang tepat waktu
Kalau tadi di no 1, saya berusaha datang tepat waktu. Untuk pulang pun saya berusaha tepat waktu. Tentu dengan memastikan bahwa pekerjaan di hari itu sudah selesai. Dengan pulang tepat waktu, berarti kita juga berusaha menghargai hal lain selain pekerjaan kita.

Wijanarko Dwi Utomo

Alumni Fakultas Psikologi Unpad 1997, gemar menulis, dan belajar dari tulisan orang lain.

http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2013/08/17/tips-menjaga-semangat-kerja-584966.html

Artikel ini telah disunting.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments